Pelaksanaan Revaluasi BMN Pengadilan Agama Sidikalang

Berdasarkan surat Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pematangsiantar nomor: 205/WKN.02/KNL.02/2018, pelaksanaan Revaluasi BMN Pengadilan Agama Sidikalang dilaksanakan mulai tanggal 30 April 2018 s/d 05 Mei 2018. Kegiatan ini sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 75 tahun 2017 tentang Penilaian Kembali Barang Milik Negara/Daerah.


Pengadilan Agama Sidikalang melaksanakan Objek Pendataan dan Penilaian Kembali Barang Milik Negara bersama TIM dari Kantor KPKNL Pematangsiantar. TIM Revaluasi KPKNL Pematangsiantar berjumlah 3 (tiga) orang, yaitu: Hasintongan Pardede sebagai Ketua Tim Pelaksana IP, serta Yosep Hertanto Amin dan Monica Silvia sebagai anggota Tim Pelaksana IP. Adapun anggota Tim dari Pengadilan Agama Sidikalang yaitu: Sri Wahyuni Damayanti, S.H.I. (Ka Sub Bag. Umum Dan Keuangan) dan Ahmad Muflih, S.H.I., M.H. (Ka Sub Bag. PTIP) yang turut mendampingi dalam meninjau lokasi secara langsung pada aset BMN Pengadilan Agama Sidikalang.

Revaluasi BMN ini bertujuan untuk dapat membangun database BMN yang lebih baik guna kepentingan pengelolaan BMN di kemudian hari, serta mengidentifikasi aset idle untuk dioptimalkan. Saat ini Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) semakin memberikan kontribusi bagi penerimaan negara dan DJKN adalah revenue center PNBP yang salah satunya adalah hasil dari pengelolaan aset. Oleh karena itu laporan hasil revaluasi BMN ini kedepannya akan sangat membantu mengoptimalkan penerimaan negara.

Tindak lanjut inventarisasi dan hasil penilaian tentunya akan diupdate di aplikasi Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK-BMN) dan Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN) Pengadilan Agama Sidikalang.

  • duka-cita-mertua-pak-taufik.jpg